Berkunjung Ke Jembatan Barelang Batam - The Features

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Berkunjung Ke Jembatan Barelang Batam

Share This
Jembatan Barelang - Batam
Setiap orang yang pernah ke kota Batam pasti tahu dan mengunjungi jembatan barelang. Jembatan “Barelang” sendiri adalah singkatan dari Batam – Rempang dan Galang, karena jembatan ini dibangun untuk menghubungkan pulau batam – rempang – galang. Jembatan Barelang dibangun pada akhir masa pemerintahan presiden soeharto dan dibangun oleh Bapak Profesor Doktor Habibie yang kala itu mengepalai Otorita Batam (OB) atau yang sekarang dikenal dengan nama Badan pengusahaan Batam (BP Batam). Jembatan Barelang sendiri telah lama menjadi ikon Kota Batam,

Di barelang dibangun sebanyak 6 jembatan yang pertama adalah :

1. Jembatan Fisabilillah (jembatan 1)
jembatan 1
Merupakan jembatan yang terpanjang dan tertinggi diantara 6 jembatan barelang, memiliki ukuran panjang memiliki panjang 642 meter lebar 21,5 meter dan tinggi 350 meter yang berfungsi menghubungkan pulau batam dengan pulau tonton. Di jembatan ini tidak pernah sepi dari para pengunjung baik di hari biasa maupun hari libur, ya ketika hari libur maka anda akan menyaksikan kepadatan jembatan ini. Banyak pengunjung yang berfoto dan beristirahat di badan jalan sembatan ini meskipun sebenarnya sudah dilarang apalagi jika memerkirkan kendaraan di jembatan barelang ini mengingat usia jembatan barelang dan beban yang semakin berat tentu saja kita tidak menginginkan sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

2. Jembatan Nara Singa (jembatan 2)
jembatan 2
Jembatan 2 barelang ini memiliki fungsi sebagai penghubung Pulau Tonton dengan Pulau Nipah, dengan panjang 420 meter, lebar 15 meter dan tinggi 160 meter. Jembatan 2 ini masih cukup ramai pengunjung meski angkanya tidak sebanyak yang ada di jembatan 1 dan beberapa orang pemancing bisa nongkrong di jembatan ini.


3. Jembatan Raja Ali Haji (jembatan 3)
jembatan 3
Jembatan 3 menghubungkan Pulau Nipah dengan Pulau Setokok dengan panjang 270 meter, lebar 15 meter dan tinggi 45 meter, di jembatan barelang ke 3 ini tidak terlalu ramai seperti jembatan satu, mungkin karena tampilanya tidak semenarik jembatan barelang 1, biasanya di sore hari hanya ada beberapa orang yang sedang memancing.




4. Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan 4)
jembatan 4
Jembatan 4 ini menghubungkan Pulau Setokok dengan Pulau Rempang dan memiliki panjang 165 meter lebar 18 meter dan tinggi 145 meter.






5. Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan 5)
jembatan 5
Jembatan ini ini merupakan jembatan yang paling lebar dan menghubungkan Pulau Rempang dengan Pulau Galang dengan panjang 385 meter,lebar 31 meter dan tinggi 245 meter. Setelah jembatan ini orang biasa menuju ke kamp Vietnam dan juga pantai mirota serta melayu.


6. Jembatan Raja Kecik (jembatan 6)
jembatan 6
Jembatan 6 dengan tinggi yang hanya 45 meter dan lebar 9,5meter ini menghubungkan Pulau Galang dengan Pulau Galang Baru dan memiliki panjang180meter.


Sejak dulu sampai sekarang jembatan barelang merupakan salah satu destinasi wisata yang paling sering dikunjungi baik wisatawan ataupun warga batam sendiri untuk mengisi hari libur. Disamping karena lokasi yang bagus di daerah jembatan barelang juga terdapat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi selain jembatan 1 – 6, tempat – tempat wisata tesebut berada di sebelah kanan dan kiri jalur dari sembatan 1 menuju jembatan 6 diantaranya pantai kampung melayu, pantai mirota, kamp Vietnam dan masih banyak lagi destinasi wisata di daerah tersebut. Dan jangan takut untuk masalah kuliner di daerah jembatan barelang ini, karena terdapat banyak sekali restoran sea food atau bisanya warga sekitar menyebutnya kelong, dan di pinggir jalan pun terdapat banyak penjual makanan yang bisa disantap.

Selamat berkunjung ke jembatan barelang dan jangan lupa siapkan kamera terbaik anda.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here